Rumah Sakit Islam “Sultan Hadlirin” Jepara meraih akreditasi paripuna bintang lima dari Komite Akreditasi Rumah Sakit (KARS).

Penyerahan sertifikat kelulusan akreditasi tingkat “Paripurna” dilakukan di Sekretariat KARS, Kuningan Jakarta pada tanggal 12 Februari 2018 yang lalu oleh Ketua Eksekutif KARS Dr. dr. SUTOTO, M.Kes dan diterima langsung oleh Direktur Rumah Sakit Islam “Sultan Hadlirin” Jepara dr. H. Gunawan W.S, DTMH, M.Kes, didampingi oleh Sekretaris Satgas Akreditasi Rumah Sakit Islam “Sultan Hadlirin” Jepara, Panji Braja S, SE. Setelah sebelumnya dilakukan Survei Penilaian Akreditasi oleh Tim Surveior KARS pada tanggal 4 – 6 Desember 2017 di Rumah Sakit Islam “Sultan Hadlirin” Jepara.

Dengan pemberian sertifikat penghargaan tersebut, Rumah Sakit Islam “Sultan Hadlirin” Jepara telah diakui dan disahkan sebagai Rumah Sakit yang memenuhi standar nasional keselamatan dan mutu pelayanan kesehatan.

Persiapan akreditasi telah dimulai sejak tahun 2016 dengan melakukan beberapa pembenahan antara lain meliputi : pemantapan kompetensi SDM, administrasi dokumen standar operasional, manajemen, penambahan/penataan sarana/prasarana utama dan penunjang dan lain-lain.

Dari 3 area yang menjadi penilaian yaitu Medik, Keperawatan, dan Pelayanan, yaitu : Kelompok Standar Pelayanan Berfokus pada Pasien; Standar Manajemen Rumah Sakit; Keselamatan Pasien; Program Nasional (MDG’S) yang meliputi standar pokok. Allhamdulillah Rumah Sakit Islam “Sultan Hadlirin” Jepara telah lulus akreditasi karena telah melampaui persyaratan yang ditentukan, yakni memperoleh nilai lebih dari 80 dari masing-masing standar akreditasi.

Menurut Direktur Rumah Sakit Islam “Sultan Hadlirin” Jepara dr. H. Gunawan W. S, DTMH, M.Kes keberhasilan ini tentu saja berkat ridlo dan pertolongan Allah SWT, sehingga seluruh SDM di Rumah Sakit Islam “Sultan Hadlirin” Jepara bersemangat, terberdayakan secara optimal dan bersatu padu menjadi tim yang solid dan bermakna.

Dengan telah diraihnya akreditasi paripurna diharapkan tingkat kepercayaan masyarakat terhadap Rumah  Sakit Islam “Sultan Hadlirin” Jepara akan semakin meningkat. Sementara ini, setelah menerima akreditasi “Paripurna” bintang 5, Rumah Sakit Islam “Sultan Hadlirin” Jepara akan senantiasa berupaya memelihara dan meningkatkan mutu pelayanan yang meliputi segala aspek secara berkesinambungan meliputi antara lain : fisik, infrastruktur, SDM, sarana utama & penunjang pelayanan, sistem informasi manajemen dan lain-lain.

Yang tidak kalah pentingnya Rumah Sakit Islam “Sultan Hadlirin” Jepara akan terus meningkatkan pelayanan unggulan yakni pelayanan islami sebagai Rumah Sakit Syariah. Sesuai dengan visi dan misi Rumah Sakit Islam “Sultan Hadlirin” Jepara untuk menjadi Rumah Sakit islami unggulan yang bermaslakhat bagi umat.

Menurut Ketua Komite Syariah & Etik Rumah Sakit Islam “Sultan Hadlirin” Jepara, Ahmad Fajar Inhadl, Lc, penentuan & pengesahan Rumah Sakit Syariah dilakukan oleh DSN-MUI (Dewan Syariat Nasional Majelis Ulama Indonesia) dengan pemberian seritifikat khusus. Sertifikasi Rumah Sakit Syariah ini sesuai dengan fatwa DSN-MUI nomor : 107/DSN-MUI/X/2016, tentang “Pedoman Penyelenggaraan Rumah Sakit Berdasarkan Prinsip Syariah”.

Dalam prosesnya, terlebih dahulu dilakukan peninjauan atau visitasi & penilaian kepada Rumah Sakit Islam “Sultan Hadlirin” Jepara oleh MUKISI (Majelis Upaya Kesehatan Islam Seluruh Indonesia) sesuai “Standar dan Instrumen Rumah Sakit Syariah Versi 1438 H” yang merupakan panduan menuju penyelenggaraan rumah sakit dengan prinsip syariah. Dan syarat mutlak proses sertifikasi Rumah Sakit Syariah adalah telah lulus akreditasi KARS. Dan Rumah Sakit Islam “Sultan Hadlirin” Jepara sudah memenuhi persyaratan ini. Sehingga mempunyai kesempatan untuk mengajukan survey sertifikasi Rumah Sakit Syariah.

Kegiatan Syariah yang ada dan akan terus disempurnakan oleh Rumah Sakit Islam “Sultan Hadlirin” Jepara antara lain adalah :

  1. Pelayanan kepada pasien meliputi bimbingan rohani Islam sesuai dengan kondisi spiritual pasien, pelayanan sakaratul maut, pelayanan jenazah sesuai Syariah Islam.
  2. Pembinaan Sumber Daya Insani (SDI) meliputi pelatihan wajib untuk seluruh staf tentang kurikulum keagamaan, panduan pendampingan spiritual, prosedur mengingatkan waktu salat, prosedur bimbingan Tayamum, prosedur bimbingan salat dan kegiatan lainnya yang berorientasi pada kompetensi keagamaan karyawan.
  3. Manajemen fasilitas meliputi pengaturan bangsal sesuai gender, pengelolaan laundry sesuai kaidah syariah, penyediaan sarana ibadah (masjid), pemasangan kaligrafi dan lain-lain.

Rumah Sakit Islam “Sultan Hadlirin” Jepara terakreditasi sebagai rumah sakit tipe “C”, dengan 146 tempat tidur, 14 Pelayanan klinik. Memiliki 22 orang Dokter Spesialis dan 21 orang Dokter Umum.

Share This :
  • 99
    Shares

23 thoughts on “Rumah Sakit Islam “Sultan Hadlirin” Jepara Raih Akreditasi Paripurna

  1. Selamat untuk RSI Sultan Hadlirin. Semoga amanah dalam mengemban predikat Paripurna. Tetap konsisten menebar kebaikan dan manfaat bagi sesama. Selamat ya

  2. Semoga dengan diterimanya penghargaan ini, bisa meningkatkan kinerja mutu pelayanan RSI Sultan Hadlirin Jepara di tahun-tahun ke depan…”Pelayananku Ibadahku”🙏🙏🙏

  3. Amin, Allhamdulillah semoga dengan diterimanya penghargaan ini RSI Sultan Hadlirin Jepara bisa tetap istiqomah dalam usaha meningkatkan mutu pelayanan rumah sakit. “Pelayananku Ibadahkku”

  4. Selamat untuk RSI Sultan Hadlirin, semoga bisa memegang amanah dan RSI semakin Maju dan makin bermanfaat bagi masyarakat.
    ^_^

  5. Selamat untuk RSI Sultan Hadlirin telah meraih akreditasi paripurna, semoga dapat meningkatkan mutu pelayanan RS yang lebih baik lagi. Dan semoga semakin berjaya dan mengudara sepanjang masa. amien
    ^_^

  6. Alahamdulillah…
    semoga RSI semakin maju dan berkembang lebih lebih lebih dari ini..
    yang selalu bervisi ” Pelayananku Ibadahku” yg bisa berguna bagi orang lain..amin..

  7. Selamat buat seluruh karyawan RSI Sultan Hadlirin Jepara, smoga kedepan jd lbh baik lg, tetap Amanah. bukan lg jd rumah sakit biasa tp jd rumah sakit yg menyehatkan. Amiin

  8. Alhamdulillah….PELAYANANKU IBADAHKU.
    Smoga RSI bermaslahat bagi umat…
    Mempertahankan lebih sulit dari pada meraih…smoga qt bisa amanah utk menjaga PARIPURNA.

  9. Alhamdulillah, selamat atas pencapaian akreditasi paripurna, semoga RSI Sultan Hadlirin Jepara dapat mengemban dan melaksanakan amanat ini. Dan tetap semangat untuk misi selanjutny yaitu RSI yang bersyariah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *